Ngebolang di Negeri Laskar Pelangi aka Belitung (Day 1)

15 May

Gara – gara salah satu maskapai Indonesia jurusan Jakarta – Belitung kami delay berbulan – bulan karena belum ada kejelasan tentang tiket kita yang sudah terlanjur dibeli. Dan akhirnya sekitar bulan April ada salah satu maskapai yang mau menampung pelanggan yang udah terlanjur beli tiket dengan beberapa jurusan termasuk Jakarta – Belitung. So setelah kita mengurusin kepulangan tiket kami akhirnya kami dapat bulan Mei meskipun tiket pulangnya blm jelas apakah akan dapat free atau engga. Makanya Gw, ade gw, fera and ka echi terbang ke belitung pada tgl 11 mei dgn penerbangan pertama jam 05.30

Untuk menuju ke bandara Soeta kita harus berangkat jam 04 pagi bareng sama org ke pasar dan berhubung DAMRI yang kita taekin para jalan dari pull nya skitar jam 4 an. Bis Damri baru sampai di cengkareng jam 05.10 meskipun termasuk cepet. tetep aja kita hrs buru2 karena untuk check in max 45 menit dari penerbangan. Sesampainya di dpn penukaran tiket kita udah brasa dikejar2 setan (kaya udh pernah dikejar setan :D), abis dpt tiket kita lari-lari kaya Cinta ngejar Rangga di bandara waktu syuting AADC hahahaha… Tapi alhamdulillah pesawatnya masih ada.

Sampai di bandara H.A.S. Hanandjoeddin , belitung kita udah dijemput sama bokap temennya ade gw. Kebetulan sebelum ke sana kita udah calling2an sama tmn ade gw namanya ida juga buat prepare disana perlu apa aja. Karena untuk pulang kita belum dpt tiket gratis. akhirnya kita tukarin dah tuh tiket angus kita ke maskapai yg nampung ( dah ky gembel ditampung) berhubung untuk tgl yg kita mau udah ga ada lagi free nya terpaksa kita ga bisa pulang gratis. tapi karena ade gw mau sama tanggal yg ditawarin maskapai itu so dia pulang free meskipun pulang lebih lama lagi. Padahal sebelumnya dia udah ke Belitung..

Abis urus2 tiket kita pun meluncur ke rumah ida (temen ade gw) sesampainya kita udah disedian  makanan buat sarapan abis sarapan kita langsung cus.. ke belitung timur tempat syutingnya Laskar Pelangi. Awal rute kita menuju SD Muhamadiyah di Gantong , SDnya si ikal atau andrea hirata. kalo di liat bentuk bangunannya udah ga bebentuk sekolah cuma kerangka bangunan yang ditopang kayu di sampingnya biar ga ambruk. tak mau melewatkan momen tersebut so kita foto2 di dpn sekolah tersebut dan pasirnya sumpah alus banget.

Sekolah SD Muhamadiyah Gantong

PASIR DI DEPAN SDN MUHAMADIYAH

abis dari SD MUHAMADIYAH gantong niatnya mau ke replikanya sekolah tersebut tapi berhubung ga tau tempatnya so kita langsung ke mangar buat ke museum Laskar Pelangi Andre Hirata. O iya just info aja selama perjalanan dari Tanjung Pandan ke Gantong jalananya udah bagus bgt tapi masih sepi. Motor lewat bisa diitung pake jari tangan. Apalagi mobil bisa diitung pake jari sebelah doang.. hahaha😀. Eh iya lupa sebelum ke Museum Laskar Pelangi kita mampir dulu ke bendungan di daerah gantong

ini dia bendungannya sorry foregroundnya ga bagus hahahaha😀

Oke lanjut … abis dari situ foto-foto bentar kita langsung cus ke Museum laskar pelangi. Buat masuk kesana kita ga dipungut biaya kok cuma sumbangan sukarela. ya kebangetan juga ga nyumbang.. hehhehehe memasukin bangunan yang mirip rumah kita disuruh lepas sendal.

suasana di dalam museum laskar pelangi

Abis masuk ke dalam museum ,karena waktu udah zuhur jadi kita sempetin dulu sholat disebrang museum tersebut.

ini dia masjid yang ada tepat di seberang museum laskar pelangi

Karena perut udah keroncongan kita pun mencari tempat buat makan. secara dari rumah kita udah bawa bekel nasi tinggal beli lauk..  akhirnyta kita cari2 sampe daerah rumah bupati belitung timur. Pemandangannya bagus banget emang sepi lagi tapi karena ga enak sama orang-orang sekitar situ akhirnya kita pindah haluan ke tanjung apa gitu lupa namanya. Tempatnya emang sepi yang dagang juga jarang tapi di sekitar pantai ada kursi dan meja panjang biasa buat orang-orang makan di warung. So akhirnya pilihan kita untuk memuaskan perut jatuh ke tempat itu. nikmat banget dari laper sampe ilang trs laper lagi makan dipinggir pantai ditemani deburan ombak sama angin sepoi-sepoi.. aih syahdu banget dah ah.. hahhahaha

ini dia tempatnya.. liat aja muka-muka laper secara makan siang jam setengah tigaan

Pemandangan depan dari tempat kita makan

Abis makan siang kita lanjut narsis-narsisan di sekitar pantai. itu pantai berasa kita yang punya secara ga ada orang selain kita ber 6. Selesai foto-foto kita langsung cus ke Vihara Dewi khan. Disana cuma ada kuil vihara tapi pemandangannya lumayan bagus kok.

jam menunjukkan jam 4 sore kita lansung menuju tanjung tinggi karena jaraknya agak jauh dari belitung timur ke tanjung tinggi hampir sekitar 1 jam lebih perjalanan karena tangki bensin sudah hampir menipis akhirnya kita mampir ke pom bensin. nah pemandangan yang jarang banget gw liat di mana- mana itu pom bensin yang antri itu kendaraan mobil or motor ya.. ini di belitung emang sih yang antri mobil sm motor tapi yang mereka isi bukan tangki bensin kendaraan mereka, tapi dirigen – dirigen mereka yang bawa buat di isi. Kalo di Jakarta keranjang yang ditaroh di samping kiri – kanan buat jualan tempe or buah-buahan ini mereka isinya dirigen-dirigen

IMG_1692ni dia pom bensinnya

Oke si embem udah di isi kita langsung cus ke tanjung tinggi. kalo di sini agak sedikit rame karena mungkin orang-orang dah tau tempat ini bekas syuting film. So jadi orang-orang mau langsung lihat tempatnya. Batu-batunya emang gede banget.bingung juga tuh batu dari mana.

pemandangan sekitar tanjung tinggi

Sambil nunggu sunset keluar kita ber-4 foto2an lagi-lagi berasa pulau sendiri karena kita foto di tempat yang sepi. karena cuaca mendung akhirnya kita gak dapat sunset sedih juga sih. ya sudah kita langsung pulang ke tanjung pandan karena waktu sudah hampir mangrib.

Malam nya kita cari makan disekitar kota niatnya mau coba mie atjep tapi ternyata udah tutup akhirnya kita beli makan di sekitar kota tanjung pandan terus makannya disekitar tanjung pendam. tempat orang tanjung pandan hang out. karaena gak ada tempat buat makan akhirnya sambil dengerin musik di aula tanjung pendam kita makan di mobil. hahahha berasa pesta kebun saja..

oke hari pertama ditutup dengan tanjung pendam. hari ke – 2 bakal lebih seru lagi.. so dont miss it ya.. (gaya2 VJ MTV ngmngnya)